Outbound Link Adalah: Definisi, Fungsi, dan 5 Cara Memasangnya!

Outbound link adalah salah satu elemen penting dalam dunia digital dan optimisasi mesin pencari (SEO). Jika Anda seorang blogger atau praktisi SEO, saya yakin pasti akan menemui praktek outbound link setiap hari. Ketika akan memposting artikel, misalnya. Namun, tidak semua orang memahami apa itu outbound link, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa outbound link sangat diperlukan pada setiap website. 

Di dalam artikel ini, kita akan membahas soal itu. Sekali lagi, outbound link adalah salah satu hal penting yang harus Anda pahami ketika melakukan optimasi on page.

Outbound Link Adalah?

Outbound link adalah tautan yang mengarah dari satu situs web ke situs web lain. Dalam konteks ini, situs web yang memberikan tautan disebut sebagai situs pemberi tautan, dan situs yang menerima tautan disebut sebagai situs penerima tautan. 

Sebagai contoh, jika Anda menulis sebuah artikel di blog Anda dan menyertakan tautan ke artikel lain di situs web lain, maka tautan tersebut adalah outbound link. Ini adalah kebalikan dari backlink. Pahami juga apa itu backlink untuk melengkapi pengetahuan Anda soal link building ini.

Fungsi Outbound Link

Outbound link memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks web dan SEO, antara lain:

  1. Memberikan Referensi: Outbound link sering digunakan untuk memberikan referensi atau sumber tambahan bagi pembaca. Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang kesehatan dan menyertakan tautan ke studi ilmiah yang mendukung klaim Anda, Anda memberikan pembaca akses ke informasi yang lebih mendalam.
  1. Meningkatkan Kredibilitas: Dengan menyertakan tautan ke sumber yang terpercaya dan berkualitas, Anda bisa meningkatkan kredibilitas konten Anda. Pembaca cenderung lebih percaya pada artikel yang didukung oleh referensi yang dapat diverifikasi. Orang akan percaya karena artikel Anda didukung oleh pendapat web lain yang memiliki otoritas.
  1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Outbound link juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan mereka akses ke informasi tambahan yang relevan. Ini bisa membuat mereka lebih puas dengan konten yang Anda sajikan.

Jadi, itu beberapa fungsi dari outbound link.

Bagaimana Cara Memasang Outbound Link?

Untuk memasang outbound link, kita tidak boleh sembarangan. Ada metodenya. Berikut 6 cara efektif untuk memasang outbound link di website Anda:

1. Pilih Sumber yang Relevan dan Berkualitas

Hal paling utama dalam memasang outbound link adalah memilih sumber yang relevan dengan topik bahasan dan memiliki kualitas yang tinggi. Hindari menautkan ke website yang tidak relevan, berisi informasi yang salah, atau memiliki reputasi buruk. Pastikan website yang Anda pilih terpercaya dan kredibel.

2. Pertimbangkan Konteks dan Tujuan

Setiap outbound link harus memiliki konteks dan tujuan yang jelas. Jelaskan mengapa Anda menautkan ke website tersebut dan apa manfaatnya bagi pembaca. Hal ini akan membantu pembaca memahami informasi yang Anda sampaikan dan meningkatkan nilai konten Anda. Ini harus benar-benar diperhatikan.

3. Gunakan Anchor Text yang Informatif

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk menampilkan tautan. Pilih anchor text yang informatif dan deskriptif, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami ke mana tautan tersebut akan mengarah. Bagi Anda yang baru belajar SEO, anchor text merupakan salah satu elemen penting yang harus Anda pahami.

4. Posisikan Outbound Link dengan Tepat

Posisi outbound link juga penting untuk dipertimbangkan. Anda dapat menempatkan outbound link di dalam teks, di akhir paragraf, atau di footnote. Pastikan posisi outbound link tidak mengganggu pembaca dan mudah ditemukan.

5. Gunakan Atribut nofollow Bila Diperlukan

Atribut nofollow memberitahu mesin pencari bahwa Anda tidak memberikan dukungan SEO kepada website yang Anda tautkan. Gunakan atribut nofollow untuk tautan yang tidak relevan dengan topik bahasan atau website yang memiliki reputasi yang buruk.

Demikian uraian singkat mengenai outbound link. Outbound link adalah salah satu hal penting untuk meningkatkan kualitas konten, SEO, dan pengalaman pengguna di website Anda. Dengan memasang outbound link yang efektif, Anda dapat membangun website yang informatif, terpercaya, dan menarik bagi pengunjung.

Baca Juga: Apa Itu CTR: Istilah, Manfaat, dan 5 Cara Meningkatkannya!